Tuesday, January 22, 2013

Software Pembuat Banner Gif Free Download ( Easy Gif Animator Pro 5.02 )

Anda sering menemui kendala jika ingin membuat banner Gif untuk keperluan Blog atau Website anda sebagai sarana promosi, iklan atau hanya sekedar untuk menambah tampilan blog/website anda? 
Berikut saya share Software Pembuat Banner Gif Free Download ( Easy Gif Animator Pro 5.02 ) yang akan memudahkan Anda dalam berkreasi.
Software Pembuat Banner Gif ini cukup mudah penggunaannya...
silahkan langsung saja mencoba dengan mendownloadnya.
saya juga sudah menyertakan KEY / SERIAL NUMBER Easy Gif Animator Pro 5.02 di dalamnya.

click button di bawah ini untuk mendownload



Kunjungi juga postingan saya yang berkaitan dengan ini, yang bisa anda download juga  :


Semoga bermanfaat  :)

Wednesday, January 16, 2013

Banner Template Free Download

Buat Anda yang ingin membuat banner untuk web atau blognya, saya buatkan banner template ber-format Adobe Illustrator. Anda bisa merubah warna, mengatur komposisi ataupun menambahkan teks pada banner template tersebut.  banner template ini terbuat dari beberapa Layer dan Hi Res, sehingga anda bisa dengan leluasa berkreatifitas sesuai selera anda. Semoga banner template ini bermanfaat.. :)


Original File Size                         : 3, 36 MB
Format File                                 : Adobe Illustrator with layer in each banner


Click Button to Download File


nah..Anda sudah memiliki Template Bannernya sekarang...
Saya ada postingan yang berisi Software pembuat banner Gif. 
Jika berminat mendownloadnya juga, silahkan click link di bawah ini :

Tuesday, January 15, 2013

Tutorial Membuat Logo Yang Benar


Desain logo merupakan salah satu bidang dalam desain grafis yang sangat menarik untuk digeluti dikarenakan dasar perancangan sangat berpusat kepada konsep dan bukan pada tehnik. Jika kamu tertarik dengan desain logo, mungkin artikel ini adalah awal yang baik untuk memulai menambah wawasan kamu terkait apa-apa saja yang dibutuhkan oleh seorang desainer logo

1) Logo, Identitas, dan Brand

Banyak orang menganggap logo, identitas, dan brand dari sebuah perusahaan adalah sama. Tapi sebenarnya, kendati ketiga hal tersebut dimainkan dalam satu alur yang sama dan berfungsi saling mendukung, ketiga-nya memiliki definisi yang jauh berbeda satu sama lainnya, berikut penjelasannya :

Logo

Logo adalah suatu tanda atau simbol yang bertujuan mengidentifikasi sebuah perusahaan atau entitas. Logo tidak berfungsi untuk menjual, dia hanya mewakili identitas dari sesuatu.
Jika diibaratkan dengan seseorang, logo itu adalah wajahnya. Kita biasa mengenali seseorang ketika melihat wajahnya, baru kemudian teringat dengan sifatnya, prilakunya dan lain sebagainya. Begitu juga dengan logo yang mewakili perusahaan, kita mengenali perusahaan dari logonya, baru kemudian mengingat bagaimana pelayanannya, kualitas produknya, dan lain sebagainya.

Identitas (Identity)

Identitas adalah aspek visual yang membentuk bagian dari keseluruhan merek. Identitas merupakan perwajahan suatu perusahaan dalam bentuk visual seperti penggunaan warna, gambar, tipografi, dsb. Identitas biasanya mengacu kepada guideline atau pedoman yang dirancang khusus sebagai panduan dalam menggambarkan perusahaan dalam bentuk visual.
Contoh dari identitas biasa terdiri dari beragam perangkat visual seperti desain stationery, flyer, brosur, website, seragam, papan nama, dan berbagai perangkat lain yang tergolong kedalam bentuk visual.

Brand

Persepsi umum yang sering muncul adalah bahwa brand hanyalah sebatas logo, penggunaan warna, tipografi, dan sebuah slogan. Ini adalah persepsi keliru tentang brand. Lantas apa itu brand? Brand adalah persepsi emosional terhadap citra perusahaan secara keseluruhan. Brand dibangun dengan proses, konsistensi, dan komitmen.
Suatu brand akan membentuk persepsi positif jika memberikan kualitas dan pelayanan yang baik. Suatu perusahaan bisa berupaya membentuk brand yang positif, tapi keputusan tetap ada pada kostumer.
Brand terdiri dari berbagai aspek, seperti Brand Name (nama dari suatu produk atau jasa), Brand Positioning (segmen pasar dan prioritas jenis usaha), Brand Management (aplikasi tehnik marketing yang digunakan), dsb.

Kira-kira, jika diilustrasikan sebagai seseorang, Logo, Identitas, dan Branding kurang lebih seperti ini :
Logo dari Pak Mario Teguh adalah wajah Pak Mario, identitasnya adalah perawakan, cara berjalan, senyum, jenis pakaian yang dipakai, rambut klimis, kacamata, dll. Sedangkan brand-nya adalah sikap & prilaku seperti ramah, sayang keluarga, santun, murah senyum, menginspirasi, suka memberi nasihat, dan lain sebagainya.



2) Memilih Aplikasi / Software

Logo sebaiknya didesain dalam format vector graphic. vector adalah suatu format dimana bentuk grafis dibangun berdasarkan titik dan garis dalam komputer, sehingga dapat dibesarkan seukuran gedung sekalipun tanpa berpengaruh terhadap resolusi dan kualitas gambar. Berbeda dengan format raster/bitmap yang dibangun dari kumpulan pixel dari sebuah gambar.
Untuk mendesain logo, gunakan aplikasi berbasis vector. Ada berbagai aplikasi gambar berbasis vector yang bisa ditemukan, seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW (berbayar) atau InkScape (gratis).


3) Kriteria Logo yang Baik

Setelah mengetahui fungsi utama dan peran dari sebuah logo, kita akan mulai dengan tahapan mengenal kriteria logo yang baik itu seperti apa. Berikut adalah beberapa kriteria yang umum digunakan untuk mendesain logo :

Simple
Less is more! Logo yang baik itu sederhana. Semakin sederhana semakin baik. Logo tidak dinilai secara estetis tapi fungsi. Kesederhanaan dalam sebuah logo akan memudahkan fungsinya mengidentifikasi perusahaan yang diwakili. Selain itu, logo yang simple juga mudah diaplikasikan diberbagai jenis media dan dapat dipahami dengan cepat.

Unique
Kita mudah mengenali satu sama lain karena wajah setiap orang itu unik. Begitu juga dengan logo, semakin unik tampilan sebuah logo, maka akan semakin mudah dia stand-out dari logo-logo lain (terutama logo perusahaan pesaing).

Memorable

Logo yang baik itu mudah diingat (memorable). Logo tidak butuh banyak sekali embel-embel yang membuat audiens bingung. Sebuah logo yang mudah diingat akan sangat membantu meningkatkan citra perusahaan dan brand awareness dari perusahaan tersebut.

Relevan

Penting untuk diingat kalau fungsi utama dari sebuah logo adalah sebagai identifikasi. Jadi, usahakan relevansi yang jelas antara logo dengan entitas yang diwakili. Misal logo untuk produk digital sebaiknya menggunakan simbol dan tipografi yang memberi kesan dan nuansa selaras dengan tema digital, teknologi, dsb.

Aplikatif
Logo juga harus aplikatif dan mudah diterapkan pada berbagai media visual. Pertimbangkan faktor produksi seperti sablon, grafir, atau 3D sign. Aspek ini mengacu kepada simplicity / kesederhanaan yang harus dibangun dalam sebuah logo. Logo yang aplikatif dapat menghemat banyak sekali biaya produksi.

Timeless

Logo digunakan dalam waktu yang sangat lama, mungkin puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun. Untuk itu, kesampingkan trend desain logo. Redesign sebuah logo akan membuat penggunaan logo menjadi tidak konsisten dan membingungkan kostumer. Selain itu, biaya setelah redesign akan sangat luar biasa.


4) Logo Mark, Letter Mark atau Kombinasi Keduanya?

Pada umumnya, logo dibagi kedalam beberapa jenis :

1) Logomark, yaitu logo yang hanya terdiri dari simbol.
2) Lettermark, yaitu logo yang hanya terdiri dari huruf yang biasanya menggunakan nama produk / jasa.
3) Kombinasi dari Keduanya, yaitu logo yang terdiri dari logomark dan juga lettermark.

Lantas yang mana sebaiknya yang harus digunakan?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, ada baiknya kita melihat terlebih dahulu nama perusahaan yang ingin dirancang logonya. Lettermark biasa digunakan oleh perusahaan yang memiliki nama unik. Hal ini akan membuat nama perusahaan menonjol dan menciptakan koneksi langsung antara logo dan nama secara emosional.


Sebaliknya, logomark bagus digunakan apabila nama perusahaan terlalu generik, misal penggunaan nama-nama umum seperti Apple, Blue, Speed, Stone, dll. Dalam hal ini pengguaan simbol yang iconic dapat membantu perusahaan lebih mudah untuk diidentifikasi oleh audiens.


5) Memilih Typeface

Tipografi adalah salah satu unsur penting yang harus diperhatikan dalam desain logo. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan typeface untuk desain logo.

Unik
Sebaiknya hindari pengguaan font yang terlalu umum. Beberapa OS komputer seperti Window dan Apple biasanya punya font default yang sudah sangat banyak digunakan banyak orang. Ada baiknya memilih jenis font yang unik atau mendesain sendiri typface khusus untuk sebuah logo.

Readability
Faktor keterbacaan sangat penting pada penerapan tipografi termasuk pada desain logo. Hindari menggunakan font yang sulit terbaca. Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan efek pada lettermark dari sebuah logo, seperti outline, shadow, emboss, dsb. Hal tersebut malah membuat logo jadi semakin sulit terbaca.

Ketebalan
Logo dalam aplikasinya berada pada berbagai macam ukuran. Pastikan logo dapat mudah dilihat dalam ukuran yang kecil sekalipun. Untuk itu, sebaiknya pilih jenis huruf yang memiliki ukuran ketebalan yang cukup sehingga mudah terbaca. Jenis huruf yang sangat tipis akan membuat typeface sulit terbaca dan hilang pada saat logo diperkecil atau berada pada jarak pandang yang jauh.

Relevansi
Setiap jenis huruf melambangkan suatu sifat yang bisa dirasakan audiens. Seperti sifat 'kokoh' dan 'kuat' jika kita melihat font yang memiliki ketebalan yang kuat, atau sifat 'feminim' jika kita melihat font yang dekoratif dan tipis. Pastikan memilih font yang relevan dengan perusahaan yang diwakili.

Jumlah Jenis Huruf
Batasi penggunaan jumlah font untuk logo. Terlalu banyak jenis font akan membuat logo menjadi rumit dan tidak estetis.

Kerning
Jarak antar huruf (Kerning) perlu dipertimbangkan ketika merancang logo. Pastikan untuk tidak membuat jarak yang terlalu rapat atau terlalu renggang pada typeface. Jarak yang baik akan membangun komposisi bentuk yang menarik pada logo.


6) Proses Mendesain Logo

Berikut adalah proses umum yang digunakan dalam mendesain sebuah logo :

Brief
Proses desain logo biasanya diawali dengan brief, pada tahap ini, desainer mencoba mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan untuk mendesain logo seperti : Nama usaha, jenis usaha, target market, corporate positioning, kompetitor, segmen pasar, dsb.

Riset dan Brainstorming
Setelah terkumpul informasi yang dibutuhkan, proses beralih kepada riset serta brainstorming. Pada tahap ini, desainer mulai membangun konsep dan mencari ide.

Sketsa
Jika konsep dan ide sudah ada, proses dilanjutkan dengan membuat ragam sketsa dengan pensil dan kertas.
Vectorizing
Hasil dari sketsa kemudian ditransfer kedalam format digital (vector format). Biasanya, gambar hasil sketsa discan kemudian di tracing ulang menggunakan aplikasi vector seperti Adobe Illustrator.

Presentasi
Tahap selanjutnya adalah mempresentasikan desain kepada klien. Biasanya dalam presentasi desainer menjelaskan konsep dibalik logo yang telah dirancang, penggunaan warna, typeface, dsb.

Revisi
Setelah selesai dipresentasikan, biasanya akan ada revisi (perubahan) pada logo. Hal ini tentu bergantung kepada diskusi pada saat presentasi dengan klien.




























Sunday, January 13, 2013

Lukisan Widayat Hilang Dicuri





Dinding bercat warna putih telah melompong, tanpa tergantung lagi lukisan-lukisan karya sang maestro, sedangkan sebatang bambu cukup panjang namun berdiameter kecil masih tersandar di lantai satu Museum Haji Widayat.

Direktur Museum Haji Widayat, Fajar Purnomo Sidi, menduga bambu itu dipakai oleh orang-orang saat mengambil 140 lukisan peninggalan bapaknya, almarhum Haji Widayat.

Naik ke lantai dua bangunan utama museum yang megah di atas tanah sekitar 7.000 meter persegi itu, situasinya hampir sama persis. Dinding-dinding khusus tempat pajangan karya juga melompong, tanpa lagi terpajang lukisan-lukisan Widayat.Begitu juga di gudang penyimpanan koleksi Widayat.

Mereka, juga diduga telah mengambil lukisan-lukisan Widayat di gudang di dekat garasi di kompleks museum di Jalan Letnan Tukiyat Kota Mungkid, Ibu Kota Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, itu.

Kejadian tersebut, untuk ketiga kalinya. Pertama sekitar 2005, satu lukisan secara ilegal sempat dibawa keluar museum, tetapi kemudian dikembalikan, kedua pada 2010 sekitar 50 lukisan karya Widayat dan koleganya yang sejumlah maestro juga hilang. Namun, hingga saat ini, sebagian telah kembali ke museum. Ketiga pada tahun 2013 sebanyak 140 lukisan raib dari dinding-dinding utama museum itu.

Museum Haji Widayat terdiri atas tiga bangunan penting, yakni museum tempat memajang berbagai koleksi Widayat, Galeri Hajah Soewarni, dan Artshop Hajah Soemini. Suwarni dan Soemini adalah dua isteri Widayat. Dari perkawinan dengan dua perempuan itu, Widayat memiliki 11 anak.

Setelah Widayat meninggal dunia pada tanggal 20 Juni 2002 dalam usia 83 tahun dan dimakamkan di Makam Seniman Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, museum yang diresmikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wardiman Djojonegoro pada tanggal 30 April 1994 itu dikelola oleh keluarga.

Total koleksi museum itu 1.001 karya. Sekitar 500 karya adalah koleksi non-Widayat. Kompleks museum itu juga ditandai dengan karya seni rupa lainnya, antara lain, berupa patung, relief, dan instalasi, sedangkan beberapa katalog pameran juga dipajang di museum yang letaknya sekitar 2 kilometer timur Candi Borobudur itu.

Sejak beberapa waktu terakhir, pengunjung museum sekitar 40 orang per bulan. Mereka terutama wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Namun, terkadang rombongan pelajar berjumlah 250 orang dari daerah lain atau sekelompok mahasiswa mengunjungi museum itu. Tarif masuk Museum Haji Widayat yang buka untuk umum, Selasa-Minggu, pukul 09.00--16.00 WIB sebesar Rp50 ribu untuk setiap wisman dan Rp20 ribu untuk wisnus.

Buku yang berisi tulisan tangan Widayat tentang salah satu wasiat Sang Maestro itu bahwa lukisan di museum tidak boleh dijual.
Pihak pengelola telah berupaya mengantisipasi kemungkinan praktik penjualan lukisan koleksi Widayat, antara lain, dengan mendokumentasikan, mencatatkan di notaris, mendaftarkan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta memasang alarm di pintu-pintu museum.

Tentang dugaan kasus itu terkait dengan masalah keluarga seperti halnya kasus serupa pada 2010. Koleksi yang hilang pada tahun 2013, terdiri atas 111 karya lukisan cat minyak di atas kanvas dan 29 lukisan cat akrilik di atas kanvas.

Diperkirakan kejadian tersebut antara Kamis (10/1) malam dan Jumat (11/1) dini hari. 


sumber : http://www.republika.co.id/berita/nasional/jawa-tengah-diy-nasional/13/01/12/mginyz-seratus-lukisan-koleksi-museum-haji-widayat-hilang

Tuesday, January 8, 2013

Kalender 2013 Point Blank Free Download "Army Look"


Ini adalah desain kalender saya yang ke tiga, sebelumnya saya membuat kalender yang tampilannya seperti Poster Point Blank dengan garapan digital art yang berjudul Kalender 2013 Free Download   dan  Kalender 2013 Point Blank Free Download, nah sekarang saya buat lagi dengan tampilan yang sedikit berbeda. Tampilan Kalender 2013 Point Blank Free Download "Army Look" ini saya buat beresolusi sedikit lebih kecil dari yang sebelumnya.
berikut detailnya,

Original File Size   : 5.05 MB
Pixel Dimension     : 1654 pixels x 1169 pixels
Paper Size            : A3
Resolution             : 100 pixels
Tipe File               : PSD


untuk mendownloadnya silahkan click button di bawah ini :



Kunjungi juga postingan saya yang berkaitan dengan postingan ini, serta dapat Anda download juga :)



Sebagai tambahan, jika anda ingin mencetak/mengeprintnya, 
berikut ada dua artikel saya yang berkaitan dan patut anda baca :


terima kasih, semoga Kalender 2013 Point Blank Free Download "Army Look" ini bermanfaat :)


Friday, January 4, 2013

Kalender 2013 Point Blank Free Download





Iseng-iseng lagi nih, kalau kemarin-kemarin saya bikin kalender digital art yang berjudul Kalender 2013 Free Download , nah sekarang saya buat lagi dengan tampilan yang sedikit berbeda. Tampilan Kalender Point Blank Free Download ini saya buat beresolusi besar.
berikut detailnya,

Original File Size   : 20.1 MB
Pixel Dimension     : 3508 pixels x 4961 pixels
Paper Size            : A3
Resolution             : 300 pixels
Tipe File               : PSD


preview


untuk mendownloadnya silahkan click button di bawah ini :


Kunjungi juga postingan saya yang berkaitan dengan postingan ini, serta dapat Anda download juga :)


Sebagai tambahan, jika anda ingin mencetak/mengeprintnya, 
berikut ada dua artikel saya yang berkaitan dan patut anda baca :


terima kasih, semoga Kalender 2013 Free Download ini bermanfaat :)



Thursday, January 3, 2013

Penyebab Komputer Berat Saat Menggunakan Photoshop..Penting!!



Penyebab Komputer Berat Saat Menggunakan Photoshop..Penting!!

Mengapa dikatakan penting ??
Pernah mengalami komputer hang saat anda menggunakan photoshop ??
jengkel pastinya ketika apa yang anda kerjakan tiba-tiba tidak bisa di save atau bahkan hang..
yang lebih parah lagi...di saat progress loading buat nge-save, tiba-tiba muncul tulisan "scratch disk full" 
... weeewww  :(

Ada baiknya anda memperhatikan hal-hal yang akan saya share berikut ini :

Meningkatkan Performa Photoshop - Photoshop merupakan Aplikasi yang teramat banyak digunakan dalam dunia desain. Untuk itu performa komputer haruslah di tingkatkan.
Komputer yang memiliki resource yang besar, Adobe Photoshop tidak akan menjadi masalah besar, tapi bagaimana bila di instal di komputer atau Laptop yang tidak bertenaga besar, ketidaknyamanan pasti akan kita temui saat kita akan mengedit foto atau mengolah gambar digital.

Saya menggunakan Versi Adobe Photoshop CS3, tapi Tips Photoshop ini juga bisa di lakukan pada versi di bawah nya maupun di atas nya, baik itu Adobe Photoshop CS2, Adobe Photoshop CS4.

Langsung melangkah ke Menu Bar Edit - Preferences - Performance

1. Memory Usage
Management Konsumsi RAM untuk Photoshop dengan bijaksana.
Apa gunanya mengatur Memory Usage : Dengan mengatur konsumsi RAM untuk Photoshop pada Opsi Memory Usage kita dapat mengalokasikan seberapa % (Persen) tenaga RAM yang akan di Pakai Oleh Aplikasi Photoshop, Sisa Persen dari yang telah kita alokasikan akan di pakai untuk aplikasi lain. 
Hindari Mengatur Memory Usage ke 100% karna dapat menyebabkan Crash
oya..kalau hard disk anda sudah terpartisi..sebaiknya gunakan secara maksimal semua agar data yang sedang di kerjakan tidak terbebani di salah satu tempat...



2. History dan Cache
Apa gunanya menaikkan History State ?
Sering melakukan Undo ( Ctrl + Alt + Z ) Naikkan History State. secara default History State di atur hanya sebesar 20 History, yang artinya kita hanya bisa  (Undo) mengulang langkah kerja yang telah kita lakukan sebanyak 20 Step ke belakang.



Atur dengan Bijaksana History State ini karna dengan menaikkan History State ke tingkat Maksimum dapat mengurangi kinerja Komputer kita, karna banyak tenaga dari komputer yang akan terpakai, begitu pun sebalik nya kalau kita ingin mempercepat kinerja Photoshop kita, atur history state ke nilai terendah
fungsi dari mengatur nilai Cache Levels adalah untuk menaikkan kecepatan render gambar saat kita bekerja pada Photoshop. Nilai dari Cache Levels ini hanya 1-8. Atur nilai cache levels ke nilai tertinggi (5-8) untuk bekerja pada gambar beresolusi tinggi dengan jumlah layer sedikit, atau cache levels kita atur ke nilai rendah antara (1-4) untuk gambar beresolusi rendah dengan banyak layer 

3. Scratch Disks
istilah lain nya adalah RAM Virtual / Memory Virtual pada Photoshop. Memori virtual / RAM Virtualadalah sebagian ruang dari kapasitas harddisk yang kita alokasikan untuk menyimpan data yang diproses oleh aplikasi Photoshop. Gunanya adalah untuk menyimpan / menampung data-data sementara saat kita bekerja pada Photoshop baik itu History State juga Clipboard.
Atur Memory Virtual ke Drive yang memiliki Free Space yang besar.

semoga bermanfaat... :)

Tuesday, January 1, 2013

Kalender 2013 Free Download


Gambar Kalender 2013 Free Download diatas hanya sebagai preview saja, 
jika Anda ingin mendownload Kalender 2013 Free Download silahkan clik button di bawah ini :


Original File Size   : 6.94 MB
Pixel Dimension     : 3508 pixels x 4961 pixels
Paper Size            : A3
Resolution             : 300 pixels

Sebagai tambahan, jika anda ingin mencetak/mengeprintnya, 
berikut ada dua artikel saya yang berkaitan dan patut anda baca :


terima kasih, semoga Kalender 2013 Free Download ini bermanfaat :)